HSRP atau Hot Standby Router Protocol adalah salah satu dari protocol FHRP (First Hop Redundancy Protocol). HSRP juga merupakan Cisco Proprietary atau protocol bawaan cisco yang hanya bisa berjalan apabila router pada network juga menggunakan cisco.

Pada HSRP hello packet dikirim menggunakan protocol UDP dengan port 1985 dengan multicast ip 224.0.0.2 untuk versi 1 untuk versi 2 menggunakan ip 224.0.0.102. Untuk pemahaman lebih lanjut mari kita coba untuk konfigurasi HSRP, untukitu saya akan menggunakan topologi seperti pada gambar dibawah ini :

Untuk pemahaman lebih lanjut mari kita coba untuk konfigurasi HSRP, untukitu saya akan menggunakan topologi seperti pada gambar dibawah ini :


 Konfigurasi IP interface dan IP Lookback pada Router0 sebagai berikut.


 Konfigurasi IP  interface dan IP Lookback pada Router1 sebagai berikut.


Konfigurasi Router OSPF pada Router0 sebagai berikut.


Konfigurasi Router OSPF pada Router1 sebagai berikut.


Konfigurasi FHRP pada Router0 sebagai berikut.

 Konfigurasi FHRP pada Router1 sebagai berikut.

Setelah semua disetting lakukan "show standby" dan "show standby brief" untuk melihat hasil dari konfigurasi yang telah dilakukan


 Kemudian untuk Verifikasi, lakukan ping dari PC ke IP Router dan IP Lookback kedua router.



Untuk mengecek FHRP berhasil atau tidak, lakukan tracert route menggunakan IP lookback dari router. Dari hasil dibawah ini, tracert 1.1.1.1(Router0) langsung sampai ke destination karena standby pada Router0 lebih besar dari Router1, sedangkan tracert 2.2.2.2, akan menghasilkan route melewati IP pada Router0 192.168.10.2 terlebih dahulu baru sampai ke Router1 yaitu 2.2.2.2 .


Salah satu cara antisipasi jika suatu router down tetapi agar jaringan tetap berjalan normal adalah menggunakan FHRP HSRP.