VRRP atau Virtual Router Redundandcy Protocol adalah salah satu protocol yangmemungkinkan untuk IP-Fault-Tolerant. Seperti halnya Cisco proprietary protocol HSRP (Hot Standby Router Protocol) VRRP ini dibuat oleh IEEE dengan tujuan yang sama yaitu unutuk REDUNDANCY 

Cara kerja VRRP sendiri adalah menyediakan gateway cadangan dengan membuat IP Virtual yang akan digunakan sebagai gateway pada dua atau lebih router, cara kerjanya hampir mirip dengan HSRP hanya saja HSRP menggunakan Standby. Pada lab kali ini saya tidak menggunakan packet tracer jadi saya menggunakan GNS3.


Sebelumnya pastikan anda konfigurasikan ip pada setiap interface dan pc sesuai seperti pada layout. Untuk konfigurasi IP address saya tidak akan membahasnya lagi pada lab kali ini.

Setelah semua IP address sudah anda konfigurasi pastikan anda sudah mengkonfigurasikan routing. Untuk routing anda bisa menggunakan routig dynamic EIGRP, OSPF, RIP, dll. untuk konfigurasi routing anda lihat pada lab sebelumnya.

Jika routing sudah dikonfigurasikan pastikan semuanya bisa ping ke semua IP address. Jika semua sudah bisa ping maka kita lanjutkan konfigurasi dengan mengkonfigurasikan VRRP pada kedua router. Untuk gambar dibawah ini adalah contoh pesan yandg dikirimkan pada saat kita mengaktifkan VRRP


1Notifikasi pertama diberitahukan bahwa interface vrrp berubah menjadi interface Backup 2.Pada notifikasi kedua diberitahukan bahwa interface vrrp berubah dari Backup menjadi Master yang artinya menjadi jalur utama yang akan dilalui.

Untuk konfigurasi VRRP serperti pada gambar dibawah ini :


Keterangan konfigurasi :

1. int {interface number} perintah ini digunakan untuk masuk ke interface
2. vrrp {group number} ip {ip addrees gateway virtual VRRP} perintah ini digunakan untuk membuat VRRP dan membuat IP address virtual VRRP catatan : kedua router yang dikonfigurasikan VRRP harus membuat IP VRRP virtual yang sama.
3. vrrp {group number} priority {prioritas level yang ingin diberikan} perintah ini digunakan untuk memberikan prioritas pada VRRP untuk defaultnya jika tidak disetting prioritasnya adalah 100
 4. vrrp {group number} preempt perintah ini digunakan untuk mengambil status Master jika router lain memiliki prioritas lebih rendah.
 5. vrrp {group number} authentication md5 key-string {password VRRP} perintah ini digunakan untuk memberikan password untuk autentikasi jika authentikasi berhasil maka VRRP akan saling terhubung jika authentikasi tidak sesuai maka VRRP tidak akan dapat saling terhubung.

Jika anda sudah selesai mengkonfigurasikan VRRP mari kita coba lihat apakah VRRP sudah berjalan dengan baik atau belum. Untuk melihat VRRP anda bisa menggunakan perintah berikut do sh vrrp jika anda berada pada configure mode

jika anda berada pada privilege mode anda bisa menggunakan perintah berikut show vrrp. untuk contoh seperti pada gambar di bawah ini :



Jika VRRP anda berjalan dengan baik maka hasilnya router yang dikonfigurasikan VRRP akan menunjuk salah satu router yang akan dijadikan sebagai Master atau sebagai link utama, router yang dipilih sebagai Master adalah router yang memiliki prioritas tertinggi.

Untuk router yang tidak menjadi Master akan menjadi Backup atau sebagai link cadangan. Untuk melihat router yang menjadi Master anda dapat melihat pada Master Router is saat anda melihat informasi pada VRRP.

Setelah selesai mengecek VRRP mari kita coba apakah VRRP benar benar berjalan dengan baik atau tidak dengan cara trace route dari pc1 menuju ke PC server. untuk contoh seperti pada gambar dibawah ini :

Pada gambar diatas terlihat bahwa jalur yang dilalui melalui jalur 10.10.10.1 . Selanjutnya mari kita coba apakah redundan link yang kita buat pada VRRP dapat berjalan atau tidak dengan cara disable pada interface g2/0 pada router 2 seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah itu coba lakukan tracer rotue kembali menuju ke IP server, dan terlihat bahwa jalur yang dilalui berubah menjadi 11.11.11.1.