Pada lab kali ini saya akan membahas tentang GLBP cisco. GLBP atau Gateway Load Balancing Protocol adalah salah satu Cisco proprietary protocol yang hampir mirip dengan HSRP dan VRRP yang digunakan untuk redundancy sedangkan GLBP ini digunakan untuk Load balancing. load balancing adalah konsep yang digunakan untuk menyeimbangkan beban.

Untuk belajar konfigurasi kita akan menggunakan topologi seperti pada gambar dibawah ini :


Sebelum memulai konfigurasi pastikan anda sudah mengkonfigurasikan IP address pada semua router seperti pada gambar diatas.

Setelah selesai mengkonfigurasikan IP address pastikan semua network yang berbeda bisa melakukan ping, untuk itu kita akan menggunakan dynamic routing. Untuk dynamic routing anda bisa menggunakan dynamic roting apapun misal EIGRP,OSPF, RIP, dll.Untuk konfigurasinya bisa di lihat pada lab lab sebelumnya.

Setelah semua IP dapat saling berkomunikasi Mari kita lanjutkan untuk konfigurasi GLBP. Untuk konfigurasi GLBP ini sebenarnya hampir sama dengan konfigurasi HSRP ataupun VRRP. untuk contoh seperti pada gambar dibawah ini :



Keterangan Konfigurasi :

1. int g2/0 : Masuk ke interface g2/0
2. glbp 1 ip 192.168.1.254 : Membuat GLBP group 1 dengan virtual IP 192.168.1.254
3. glbp 1 preempt : Mengaktifkan preemption pada GLBP, untuk mengambil status Active jika prioritas router lain lebih kecil
4. glbp 1 priority 10 : mengganti prioritas glbp menjadi 10. Defaultnya priority pada GLBP adalah 100
5. glbp 1 authentication md5 key-string kits : perintah ini digunakan untuk membuat authentikasi pada interface GLBP dengan password kits Setelah selesai membuat GLBP mari coba kita lihat apakah GLBP sudah bekerja atau belum dengan cara mengetikkan perintah berikut do sh glbp atau do sh glbp brief untuk contoh seperti pada gambar dibawah ini :



Jika GLBP sudah berjalan maka kedua router akan memilih salah satu router yang akan menjadi sebagai Active. lalu coba lakukan traceroute seperti gambar dibawah ini :